Jika Anda ingin sungguh-sungguh kaya, Anda harus menabung 15 persen dari penghasilan Anda.
David Bach (penasihat keuangan, penulis buku “Smart Couples Finish Rich”)

Anda  wajib membayar 5-30 persen dari penghasilan Anda kepada pemerintah, dalam bentuk pajak penghasilan (PPh) atau income tax. Mengapa Anda tidak bersedia untuk menyimpan dalam persentase yang sama untuk diri sendiri? Orang miskin dan kelas menengah terjerat kebutuhan dan keinginannya sendiri, sehingga tidak mampu menyisihkan 15 persen. Itulah yang membedakan mereka dengan miliarder.

Bagaimana dengan perusahaan yang bagus ? Perusahaan yang mempunyai pertumbuhan tinggi atau HGE (High Growth Enterprise) adalah perusahaan yang mempunyai pertumbuhan laba minimal 20% dari nilai omset atau kita bisa melihat dari rasio keuangan NPM (Net Profit Margin)-nya minimal 20%. Makin tinggi pertumbuhan, makin tinggi penjualan dan makin efisien maka akan semakin bagus asal tidak mengurangi fungsi dan kualitas.

Laba bersih yang ditahan (Minimal 20%) atau sisa gaji (minimal 15%) tersebut akan dialokasikan untuk RD (Revenue Driver), pembelian aset untuk pemicu omset bukan untuk pembeliaan barang2 konsumtif. 

Bagaimana dengan Anda atau perusahaan Anda yang selalu kehabisan uang? Tidak ada laba atau sisa gaji bahkan mengalami kerugian. Itu bukan berarti Anda tidak memiliki cukup uang. Melainkan, Anda tidak memiliki cita-cita yang cukup besar untuk membuat Anda menyisihkan uang. Jika Anda memiliki keinginan yang besar untuk dikejar, Anda tidak akan banyak membuang uang hasil kerja keras Anda hanya untuk membeli barang2 konsumtif.

Berhentilah sejenak untuk merenung tentang keinginan, impian, cita dan visi Anda. Mulailah dengan memiliki tujuan / visi. Sudahkah teman2 alumni FL sudah memiliki visi ? 
Selamat morning, tetap semangat ! 

Budi Wahyu Mahardhika – SNF Consulting